0
Home  ›  Marketing

Kenapa Saya Susah Closing? Cek 11 Hal Khusus Marketing Ini

Kenapa Saya Susah Closing

Berikut adalah hal-hal yang memungkinkan para marketing, baik properti maupun bukan, mengalami susah closing. Mari kita cek satu-satu

1. Sulit Bagi Waktu

Kendala ini sering dialami ama pebisnis online dan pebisnis yang masih bekerja. Yupp ini adalah salah satu kendala yg membuat closing kita naik turun.

Solusinya : ya harus belajar untuk sediakan waktu setiap hari. At least 1-2 jam untuk mulai berjualan, mulai membangun leads (calon pembeli) dan memperbesar kolam. Siapkan tabel harian untuk set kapan waktu jualan.

2. Gak Pede Jualan

Kendala ini membuat semangat jualan kita kurang kencang. Pas giliran mau jualan, eh kepikiran ini, kepikiran itu. Takut di tolak takut dibilang apa-apa, ini-ini, itu-itu.

Solusinya: pede atau ga pede itu hanya masalah persepsi kok. Jangan sampai persepsi pikiran kita membuat langkah gerak kita lambat. Hanya karena GA pede gara2 kepikiran ini itu.

3. Gak Mood

Yang membuat orang susah jualannya bisa konsisten, karena terlibat perasaan. Jualan yang didorong perasaan mood atau ga mood biasanya membuat bisnis itu naik turun. Hasilnya ga rutin.  Jualan itu jangan baperan hehehe

Solusinya: jangan jualan karena mood. Banyak berdoa, banyak baca buku, ikut komunitas positif, inget keluarga dirumah, inget anak istri butuh makan

4. Memusingkan diri dengan jualan produk yang sulit terjual

Begini, banyak orang jualan atau bisnis tetapi bukannya untung malah buntung. Bukannya closing malah tambah pusing. Seringkali closing atau ga closing karena kita jualan produk yg emang ga dibutuhkan market atau produknya susah laris

Solusinya: jualan produk yang emang udah laris aja. Tapi kalo mau jualan produk yg agak susah dijual, ya gak apa-apa juga sih, itu pilihan

5. Leadsnya sedikit

Jualan bakal makin sulit kalo leadsnya sedikit. Apa itu leads? Leads adalah calon prospek atau calon pembeli. Calon pembeli ada dimana saja? Ada banyak, tetapi kita sulit jualan karena leads kita sedikit dan kita enggan tambah leads

Solusinya: bangun networking, bangun pertemanan, dekati komunitas, blusukan (cek buku Reseller Jago Jualan), perbanyak leads

6. Gak Punya Tabel Jualan Harian

Kendala orang-orang yg suka jualan tapi hasilnya ga rutin karena JUALAN TANPA RENCANA dan TARGET YANG JELAS. Begini, semua pebisnis sukses adalah mereka yg berjualan dengan rencana dan target. Tanpa ini ga akan ada panduan, ga akan ada goal yg jelas yg mau dicapai.

Solusinya: Nah karena ini konteksnya adalah closing setiap hari, usahakan agar tabel jualannya berbentuk jualan harian. Sehingga kita bisa membayangkan kapan akan jualan, jam brp akan jualan, jam brp memperbesar leads setiap hari

7. Prospeknya Cold (Masih Cold Market / Belum Kenal)

Kalo sudah baca buku saya, pasti paham cold market. Cold market adalah prospek yg belum kenal kita, belum percaya ama kita belum yakin dengan kita. Begini, dijamin bakal sulit closing kalo kita jualan ke orang asing. Kecuali kita menjual produk yg sudah terkenal.

Solusinya: Ubah cold market jadi Warm Market, caranya bisa ajak kenalan dulu, bisa kita sharing dulu (jgn jualan langsung), bisa bikin kelas wa dulu. (klo mau jualan produk edukasi). Konsisten sharing dulu biar banyak yg kenal kita

8. Gak punya tim

Yang membuat seseorang kesulitan memperoleh penghasilan rutin dari jualan adalah ketika berjualan seorang diri. Ujung2nya terkendala sibuk. Sibuk itu karena semua dikerjakan sendiri.

Solusinya: mulai rekrut tim yg backup jualan kita. Misal admin, admin membantu ke teknis penjualan, sehingga kita bisa fokus memperbesar leads, cari supplier, networking, gedein kolam dan rekrut reseller terus

9. Sering di-PHP-in calon buyer

Salah satu kendala closing terbesar adalah sering di PHP calon pembeli. PHP ini beranekaragam, mulai dari Cuma di read doang, susah di follow up, atau janji transfer tapi ga transfer-transfer

Solusinya: pelajari cara closing tanpa PHP, misal scarcity, harga naik, teknik option dll.

10. Penawarannya kurang kuat

Kendala susah closing karena promo dan penawaran yang kita berikan biasanya kurang kuat. Kurang kuat ini parameternya banyak, mulai dari judul promo ga nendang, bonus/manfaat ga menggiurkan hingga call to actionnya kurang ampuh

Solusinya: buat penawaran yang kuat mulai dari judul, body copy text, hingga call to action

11. Gak membangun database

Tahukah Anda, database adalah salah satu rahasia yg membuat seorang pebisnis bisa closing terus-terusan. Nah seringkali kendala kita, kita suka lupa simpan siapa-siapa saja yg pernah beli. Padahal data kontak ini penting banget. Next time bisa ditawarkan lagi produk lain

Solusinya: ketika ada pembeli atau pembeli, kontaknya harus disimpan, kalo bisa disimpan dalam database yg ga bisa hilang. Misal data excel, di save di google drive.

Nahhhh, ke 11 poin diatas hanya gambaran umum saja. Tapi kebayang kan, yg membuat seseorang sulit jualan dan sulit menghasilkan closing setiap hari karena apa? Nextnya terapkan solusi-solusinya. Gimana seru kan? 😊

[Diambil Dari Forum Marketing Properti]


Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS